Asuransi Mobil untuk Pengemudi Berisiko Tinggi
Asuransi

Asuransi Mobil untuk Pengemudi Berisiko Tinggi

Di banyak negara, profil risiko pengemudi merupakan salah satu faktor utama untuk menentukan biaya asuransi mobil. Sementara di India, asuransi berbasis risiko masih dalam tahap awal. Beberapa perusahaan asuransi kendaraan mengintegrasikan teknologi seperti telematika, Artificial Intelligence (AI), dan Internet of Things (IoT), untuk menawarkan harga yang lebih baik dan yang lebih penting adil pada paket asuransi mobil mereka. Mari kita pahami lebih jauh tentang asuransi mobil untuk pengemudi berisiko tinggi dan bersiaplah untuk waktu dekat di mana asuransi berbasis risiko akan menjadi norma.

Apa yang Dimaksud dengan Pengemudi Berisiko Tinggi?

Dari perspektif asuransi mobil, pengemudi berisiko tinggi adalah pemilik mobil yang sering mengajukan klaim. Ini buruk bagi keduanya pemilik mobil dan perusahaan asuransi. Sederhananya, jika Anda adalah pengemudi yang berisiko tinggi dan sering mengajukan klaim, maka rasio kerugian asuransi mobil meningkat yaitu biaya yang ditanggung oleh perusahaan asuransi terhadap klaim Anda lebih besar dari jumlah premi asuransi mobil Anda.

Faktor-Faktor yang Membuat Anda Menjadi Pengemudi Berisiko Tinggi

Ada perangkat canggih yang menentukan profil risiko pengemudi. Namun, tidak setiap perusahaan asuransi mobil India telah memasukkan teknologi tersebut dalam model penetapan harga mereka. Perusahaan asuransi ini menggunakan parameter berikut untuk menentukan harga polis asuransi mobil berisiko tinggi.

Histori Klaim

Klaim yang sering dapat meningkatkan biaya polis asuransi mobil Anda karena Anda akan kehilangan diskon penting yang disebut No Claim Bonus (NCB). Karena ini berkaitan langsung dengan klaim, Anda mungkin harus membayar harga yang lebih tinggi pada perpanjangan asuransi mobil berikutnya.

Usia

Beberapa perusahaan asuransi mengenakan harga asuransi mobil yang lebih tinggi untuk pengemudi muda yaitu pemilik mobil hingga usia 30 – 35 tahun. Salah satu alasan tingginya harga ini mungkin karena sebagian besar pengemudi mobil muda memiliki pengalaman mengemudi yang lebih sedikit dibandingkan dengan yang lebih tua.

Di sisi lain, pengemudi berpengalaman mungkin harus membayar lebih sedikit premi dibandingkan dengan pengemudi muda. Beberapa perusahaan asuransi percaya bahwa pengemudi yang berpengalaman dapat mengemudi secara bertanggung jawab dan mengajukan lebih sedikit klaim.

Lokasi

Lokasi tempat tinggal atau di mana mobil akan sering berada sangat erat kaitannya dengan kemungkinan pencurian dan kecelakaan mobil. Beberapa lokasi mungkin lebih rentan terhadap pencurian daripada lokasi lain dalam mempertimbangkan wilayah tertentu.

Status Pernikahan

Sesuai penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat, premi asuransi mobil turun 5% untuk orang yang sudah menikah. Logika di balik perbedaan premi untuk orang yang sudah menikah dan yang belum menikah adalah bahwa orang yang sudah menikah lebih stabil secara finansial dan pengemudi yang lebih aman daripada orang yang masih lajang.

Catatan: Beberapa perusahaan asuransi mobil internasional mempertimbangkan jenis kelamin sebagai salah satu faktor untuk menentukan informasi profil risiko pengemudi.

Anda dapat memilih asuransi mobil terbaik untuk pengemudi berisiko tinggi berdasarkan faktor-faktor yang disebutkan di atas.

Apa Kerugian Menjadi Pengemudi Berisiko Tinggi?

Berikut adalah kerugian menjadi pengemudi berisiko tinggi.

  • Salah satu efek samping utama menjadi pengemudi berisiko tinggi adalah kemungkinan kecelakaan yang lebih tinggi. Pengemudi yang berisiko sering ditemukan melebihi kecepatan atau tidak mengindahkan peraturan lalu lintas. Ini berbahaya. Hal ini tidak hanya membahayakan nyawa pengemudi dan penumpang, tetapi juga mereka yang berada di jalan. Mungkin ada pejalan kaki, kendaraan lain, pedagang asongan, dll. di jalan.
  • Kerugian lain dari menjadi pengemudi mobil berisiko tinggi adalah, premi asuransi mobil yang lebih tinggi. Perusahaan asuransi akan menganalisis profil risiko Anda berdasarkan faktor-faktor yang disebutkan di bagian di atas dan menetapkan harga polis asuransi mobil Anda sesuai dengan itu.
  • NCB akan sering mengatur ulang untuk pengemudi berisiko tinggi karena peluang untuk mengajukan klaim lebih tinggi. Hal ini juga menyebabkan premi yang lebih tinggi dan merupakan kerugian bagi pengemudi berisiko tinggi.

Ambil Langkah-Langkah Ini untuk Menjadi Pengemudi Berisiko Rendah

Berikut adalah beberapa tips untuk menjadi pengemudi berisiko rendah.

  • Patuhi peraturan lalu lintas seperti berhenti di lampu merah, membawa dokumen yang sah, menjaga kecepatan sesuai rambu-rambu jalan, dll.
  • Pelajari manajemen kecepatan dengan mengemudi perlahan pada awalnya dan kemudian mempertahankan kecepatan tetap.
  • Memilih pengurangan sukarela dalam asuransi mobil akan membantu Anda mengurangi premi karena Anda berjanji untuk menanggung sebagian dari klaim pada saat terjadi kerusakan.
  • Berhati-hatilah saat mengemudi karena ini akan membantu Anda menghindari bertabrakan dengan rintangan apa pun. Anda dapat mengontrol mobil tepat waktu hanya jika Anda waspada saat mengemudi.
  • Selalu jaga jarak aman dengan pengendara lain. Dengan demikian Anda dapat mengambil tindakan jika pengemudi lain menggunakan rem darurat dan berhenti mendadak.
  • Kendalikan kecepatan Anda saat berbelok karena mungkin ada kendaraan yang mendekat dari sisi lain yang sepenuhnya berada di titik buta Anda. Jika Anda berbelok dengan kecepatan tinggi, ada kemungkinan Anda akan menabrak kendaraan ini dan menyebabkan kecelakaan.
  • Gunakan postur yang benar saat mengemudi. Ini akan membantu Anda tetap dalam posisi yang nyaman saat Anda mengemudi untuk waktu yang lama. Postur tubuh yang tidak nyaman dapat menyebabkan nyeri tubuh dan Anda mungkin kehilangan fokus.
  • Pastikan keselamatan dengan mengenakan sabuk pengaman saat Anda tetap di kursi Anda selama tabrakan. Tidak mengenakan sabuk pengaman dapat membuat kepala Anda terbentur terlebih dahulu ke kaca depan dan Anda mungkin mengalami cedera yang signifikan.
  • Hindari ikut serta dalam balapan ilegal atau kegiatan kriminal lainnya. Ini mengarah pada penolakan klaim dan Anda akan dianggap sebagai pengemudi berisiko tinggi.
  • Pertimbangkan untuk mengikuti kursus pelatihan penyegaran dalam mengemudi yang akan membantu Anda memahami konsep dasar mengemudi mobil.