Bagaimana Memulai Bisnis Jasa Teknik Anda Sendiri
Bisnis

Bagaimana Memulai Bisnis Jasa Teknik Anda Sendiri

Mempertimbangkan peluang untuk membuka bisnis jasa teknik untuk klien seperti startup dan usaha kecil? Baca terus untuk mendapatkan beberapa aspek kunci untuk awal yang sukses!

Perusahaan jasa teknik adalah perusahaan yang mempekerjakan spesialis teknik terbaik yang merancang, menguji, dan memberikan solusi siap pakai untuk perusahaan-pelanggan. Perusahaan jasa teknik yang baik biasanya multifungsi. Mereka terlibat dalam pengiriman layanan desain, solusi infrastruktur, pengembangan perangkat keras/lunak, solusi perkakas, manajemen dan konsultasi, layanan pemodelan, solusi manufaktur, dan banyak lainnya.

Sejauh rekayasa adalah bidang yang sangat luas, mereka yang ingin memulai perusahaan jasa rekayasa mereka sendiri memiliki peluang tak terbatas. Anda dapat membuat startup layanan teknik Anda sukses. Untuk melakukan itu, Anda memerlukan campuran komponen. Elemen kuncinya adalah bakat karena Anda tidak akan melangkah jauh tanpa itu. Kemudian, Anda harus sangat mencintai industri teknik. Gairah ini akan membuat Anda bergerak lebih jauh ketika masa-masa sulit. Akhirnya, inovasi bisnis dan sedikit keberuntungan akan membawa Anda sukses dalam bisnis ini.

Faktor-faktor tersebut di atas bersifat umum. Dalam praktiknya, kesuksesan Anda sangat bergantung pada keberhasilan penerapan tiga tantangan utama: kenali pesaing Anda, pedulikan klien Anda, dan pekerjakan profesional teknik sejati yang akan mewujudkan ide-ide yang paling sulit dipercaya. Sekarang mari kita masuk lebih dalam ke tiga poin itu!

Ketahui Siapa Anda dan Saingan Anda

Kemungkinan besar, Anda tahu arti dari konsep “proposisi nilai”. Namun, jika tidak, ini terkait dengan produk tertentu yang ingin Anda sarankan yang membuat Anda berbeda dari lawan Anda di pasar. Proposisi nilai menunjukkan kepada pelanggan Anda manfaat apa yang dapat mereka terima jika mereka menggunakan/membeli solusi Anda.

Ketika Anda memulai bisnis jasa teknik, penting untuk menganalisis pesaing langsung Anda dan memutuskan jenis bidang yang Anda inginkan untuk menyarankan layanan Anda (dirgantara, otomotif, teknik konstruksi, dll.). Untuk memenangkan perhatian dan pengakuan klien, tugas Anda adalah berpikir di luar kebiasaan dan memberikan desain yang sangat inovatif.

Untuk membuat perusahaan jasa teknik Anda bertahan, Anda harus memeriksa dan mendapatkan garansi bahwa pesaing Anda tidak terlibat dalam hal yang sama. Jika mereka memberi klien solusi yang sangat mirip, pastikan solusi Anda benar-benar lebih inovatif daripada solusi mereka.

Ini sangat ideal ketika Anda memulai dengan arah tertentu dalam satu industri. Ini sempurna ketika tidak ada persaingan ke arah ini. Tugas Anda adalah menjelajahi detailnya dan mencari tahu niche Anda.

Jika persaingan ketat di arah yang Anda pilih, jalan menuju sukses adalah mempelajari dan menganalisis pasar dan memperkenalkan layanan tambahan (yang belum pernah disebutkan siapa pun sebelumnya).

Jika Anda tidak tahu bagaimana menerapkan hal yang disebutkan di atas dan memerlukan saran profesional, atau Anda hanya tidak tahu bagaimana merancang solusi tertentu, alangkah baiknya untuk meminta spesialis dukungan di pasar Engre. Di sana, Anda mungkin menemukan layanan teknik yang akan berkonsultasi dengan Anda tentang cara mengatasi kesulitan yang muncul dalam perjalanan Anda menuju bisnis yang sukses.

Identifikasi Klien/Audiens Target Anda

Anda harus mulai mengidentifikasi pelanggan potensial sejak Anda memutuskan untuk membuka bisnis jasa teknik Anda. Konferensi lokal maupun global, hackathon, dan acara lainnya dalam industri Anda akan memungkinkan jaringan dengan orang-orang yang dapat memainkan peran kunci dalam pengembangan bisnis Anda.

Jangan pernah fokus untuk berhubungan dengan orang-orang secara eksklusif dari industri yang dipilih. Membangun komunikasi dengan para profesional dari semua latar belakang industri. Mustahil untuk memprediksi siapa yang kaya akan informasi dan membagikannya kepada Anda.

Jejaring sosial, seperti LinkedIn, juga memungkinkan Anda berkomunikasi dengan lebih banyak pakar atau berbagi ide dengan audiens target. Dengan cara ini, Anda membangun reputasi dengan orang yang tepat. Lakukan diskusi dengan serius jika Anda ingin membuka pintu untuk praktik jaringan lebih lanjut dengan lebih banyak orang.

Pekerjakan Orang yang Tepat

Startup layanan teknik hanya sebaik stafnya. Jika Anda gagal menemukan pendekatan pribadi mengenai praktik perekrutan, mereka berisiko melibatkan tim yang salah. Situasi ini mengakibatkan gesekan pelanggan dan kerugian finansial.

Kunci sukses pengayauan adalah untuk menghindari membuat keributan. Anda mungkin mulai berpikir bahwa Anda kehilangan waktu dan harus bergegas, khususnya, jika bisnis Anda berada dalam fase pertumbuhan. Namun, waktu yang tergesa-gesa menyebabkan kompromi, yang menunjukkan bahwa Anda tidak mempekerjakan spesialis terbaik.

Perhatikan prospek masa depan calon insinyur potensial yang akan bekerja di perusahaan Anda. Kandidat yang memiliki kualifikasi terbaik saat ini dalam semua situasi bukanlah perekrutan yang ideal. Jika ternyata mereka tidak dapat dilatih atau tidak mengikuti nilai-nilai Anda, Anda mungkin menemukan hubungan kerja menjadi rusak. Kualifikasi dan pengalaman memang penting, tetapi juga kapasitas karyawan untuk berintegrasi ke dalam model bisnis Anda.