5 Tips untuk Menegosiasikan Penjualan Bisnis
Bisnis

5 Tips untuk Menegosiasikan Penjualan Bisnis

Membeli perusahaan baru atau menjual perusahaan Anda saat ini bisa menjadi proses yang rumit. Inilah sebabnya mengapa banyak pengusaha mendapat manfaat dari menggunakan broker bisnis, Kami membantu negosiasi hingga penjualan selesai. Sebagai pembeli, Anda ingin memastikan bahwa Anda membayar harga yang wajar dan adil, dan penjual juga ingin memastikan bahwa mereka mendapatkan nilai uang mereka juga.

Dengarkan Baik-Baik

Kesalahan yang dilakukan banyak pemilik bisnis adalah merasa seolah-olah mereka harus berbicara untuk mendominasi percakapan selama negosiasi. Taktik ini membantu mereka merasa seolah-olah mereka mengendalikan apa yang terjadi. Diam juga bisa menjadi canggung dan kebanyakan orang tidak menyukainya, jadi mereka akan berbicara untuk mengisinya. Ketika pihak lain berbicara untuk mengisinya, dengarkan apa yang mereka katakan. Kemungkinan selama masa-masa tenang ini, tujuan mereka yang sebenarnya akan muncul dengan sendirinya dan Anda dapat menggunakan ini untuk membantu mencapai kesepakatan yang memenuhi tujuan semua orang. Cara lain untuk menjadi pendengar yang baik adalah dengan mengajukan pertanyaan dan mencatat sehingga Anda dapat meninjaunya nanti. Ini membantu Anda tetap mendapat informasi saat negosiasi berlanjut.

Jangan Memberikan Apa Pun Tanpa Mendapatkan Sesuatu

Jika Anda membuat konsesi selama negosiasi, selalu pastikan Anda menegosiasikan sesuatu untuk diri sendiri sebagai balasannya. Baik itu syarat pembayaran yang lebih menguntungkan atau harga yang lebih rendah untuk pembeli, pastikan Anda mendapatkan sesuatu kembali agar tetap seimbang di seluruh negosiasi.

Sadarilah Tidak Apa-Apa untuk Pergi

Sangat mudah untuk mendapatkan visi terowongan ketika Anda sedang menegosiasikan penjualan bisnis Anda. Anda bisa terlena, angka atau istilah dan mengalami kesulitan melihat gambaran besarnya. Ingatlah bahwa pergi lebih baik daripada menyetujui kesepakatan yang tidak nyaman Anda buat. Dalam kasus ini, jika penjual benar-benar pergi, penting untuk melakukan refleksi diri pada proses untuk mengetahui apa yang bisa dilakukan secara berbeda dan apa yang mungkin menjadi lebih baik jika pilihan yang berbeda dibuat. Ini akan membantu penjual tampil lebih efektif di masa mendatang.

Lakukan Riset Anda

Ini mungkin tampak seperti tidak perlu dipikirkan, tetapi memahami sudut pandang pembeli dapat menjadi penting untuk negosiasi yang sukses. Broker yang berpengalaman dan terampil dapat membantu dalam hal ini.

Antisipasi Kesulitan

Ada banyak risiko yang terlibat dalam hal menjual atau membeli bisnis baru dan segalanya menjadi lebih rumit ketika ada banyak uang yang terlibat. Jika penjual dapat mengantisipasi pertanyaan atau masalah tertentu yang muncul dari sisi lain, mereka akan lebih baik selama negosiasi karena mereka dapat memenuhi masalah tersebut dengan transparansi tanpa terlalu banyak menyerah.