Panduan Akuntansi untuk Menumbuhkan Bisnis E-Commerce Anda
Bisnis

Panduan Akuntansi untuk Menumbuhkan Bisnis E-Commerce Anda

Memulai bisnis e-commerce adalah salah satu ide terbaik yang dapat Anda pikirkan ketika mencari investasi yang menguntungkan. Menjadi usaha dan tren baru, banyak orang masuk ke dalamnya tanpa memahami dasar-dasarnya. Ada begitu banyak hal yang diperlukan untuk mengembangkan bisnis e-niaga yang sukses, dan akuntansi yang tepat adalah salah satunya.

Mengelola akun Anda adalah salah satu hal penting yang perlu Anda pelajari. Meskipun Anda dapat mempekerjakan seseorang untuk melakukannya untuk Anda, mempelajari dasar-dasarnya diperlukan. Itu memudahkan untuk menyimpan catatan dan meninjau aktivitas keuangan untuk pengelolaan sumber daya yang lebih baik.

Artikel ini menawarkan pandangan yang lebih mendalam tentang akuntansi e-niaga dan kiat-kiat yang dapat membuatnya sukses.

Apa Sebenarnya Akuntansi E-Commerce itu?

Langkah pertama untuk memulai akuntansi e-commerce adalah memahami apa yang diperlukan. Pertama, ini adalah platform online yang dapat diakses oleh penjual dan pembeli. Karena membangun fondasi yang kuat untuk bisnis Anda bergantung pada akuntansi yang tepat, platform digital ini akan membantu Anda melacak transaksi.

Ini membantu mendokumentasikan setiap transaksi, kemudian menyimpan dan menyediakan informasi untuk ditinjau bila diperlukan. Akibatnya, Anda tidak akan melupakan hal-hal penting yang terjadi dalam bisnis Anda. Sebagai seorang pengusaha, Anda harus memikirkan perangkat lunak akuntansi untuk mendokumentasikan dan menganalisis data.

Menjalankan bisnis digital menjadi lebih mudah ketika Anda memiliki sistem kerja. Membangun fondasi akuntansi e-niaga yang kuat dan mempekerjakan akuntan e-niaga yang berpengalaman akan membantu Anda melakukannya tanpa stres. Perusahaan Anda perlu memanfaatkan tren yang berkembang ini.

Dasar-Dasar Akuntansi untuk Menjalankan Bisnis E-Commerce

Ada hal-hal dasar yang harus dilakukan sebelum terjun ke e-commerce. Itu terutama dalam hal akuntansi dan pencatatan. Berikut adalah lima tip untuk membantu bisnis e-commerce mengembangkan keuangannya dan meningkatkan skala operasinya. Baca terus.

Berinvestasi Dalam Perangkat Lunak Akuntansi

Informasi akuntansi membantu bisnis menganalisis kemajuannya, menghasilkan laporan terperinci, dan membuat keputusan penting. Meskipun ada berbagai program komputer yang dapat Anda gunakan untuk akuntansi dasar, belilah perangkat lunak yang berkualitas.

Xero dapat membantu menarik data transaksi langsung dari sistem point-of-sale (POS), perangkat lunak faktur, dan laporan bank. Ini secara dramatis mempercepat rekonsiliasi bank dan informasi kartu kredit, secara otomatis membayar tagihan. Lihat arus kas Anda dan tindak lanjuti faktur terutang. Pantau penjualan dan pengeluaran Anda dan lacak bagian-bagian tertentu dari bisnis Anda.

QuickBooks memungkinkan Anda untuk melacak profitabilitas bisnis Anda, setiap faktur yang belum dibayar dan memungkinkan Anda mengikuti penghasilan dan pengeluaran Anda dari waktu ke waktu dan merencanakan cara untuk memperbaikinya di masa depan. Ukuran profitabilitas memungkinkan Anda melacak transaksi dengan mudah dan cepat dan menentukan berapa banyak pendapatan bisnis Anda dari inventaris.

Internet memiliki banyak software akuntansi yang dapat Anda beli. Hal terbaik adalah bereksperimen dengan uji coba gratis yang tersedia di banyak di antaranya untuk menemukan yang cocok untuk Anda. Itu juga harus mudah diintegrasikan dengan platform Anda untuk memastikannya bekerja secara otomatis.

Anda mungkin juga ingin mempertimbangkan untuk menghubungkan sistem dan aplikasi pasar Anda (seperti Shopify, Ebay, dan OneSaas), untuk mengotomatiskan bisnis Anda di seluruh akuntansi, e-niaga, penagihan & pembuatan faktur.

Akuntan Fusion menyediakan layanan akuntansi dan konsultasi pajak yang komprehensif dan fokus untuk mendorong bisnis klien maju melalui teknologi terbaru, otomatisasi perangkat lunak akuntansi, dan standarisasi proses, membantu Anda membuat keputusan bisnis penting dengan mudah.

Setelah instalasi, Anda akan menghemat waktu dan uang yang dibutuhkan dalam melacak transaksi Anda secara manual. Selain itu, mentransfer data olahan ke buku menjadi lebih mudah.

Lacak Semua Arus Kas Anda

Memahami situasi keuangan bisnis sangat penting. Selain menyimpan catatan pengeluaran dan pendapatan, Anda memerlukan lebih banyak pelacakan untuk memastikan bisnis Anda berjalan dengan baik. Anda tidak akan menemukan cara untuk meningkatkan bisnis Anda jika Anda tidak dapat menjelaskan fairingnya secara finansial.

Mengikuti akun Anda dengan cermat juga akan membantu Anda mengukur tingkat likuiditas Anda. Anda juga memahami siklus pembayaran Anda dan dengan mudah merencanakan masa depan bisnis e-commerce Anda. Pastikan Anda menghasilkan laporan arus kas yang faktual dan akurat untuk prakiraan masa depan yang lebih akurat. Mempekerjakan seorang akuntan berpengalaman akan membantu dalam proses ini.

Hitung Semua Pengeluaran Lainnya

Pengeluaran adalah bagian dari bisnis, dan akuntansi yang tepat harus mencakupnya. Secara umum, biaya adalah jumlah yang dikeluarkan untuk membuat inventaris yang dijual oleh bisnis. Ini juga dikenal sebagai harga pokok penjualan, dan itu mencakup setiap sen yang dihabiskan mulai dari memperoleh bahan hingga menjual produk akhir.

Banyak pebisnis lupa memasukkan biaya tenaga kerja sebagai pengeluaran. Dalam akuntansi, biaya adalah segala sesuatu yang akan meningkatkan biaya keseluruhan produk. Selain itu, Anda juga perlu mencatat pengeluaran tetap. Contoh yang baik adalah sewa karena tetap konstan apakah Anda melakukan bisnis atau tidak.

Oleh karena itu, Anda perlu memastikan bahwa catatan Anda secara akurat mencerminkan total pengeluaran untuk memudahkan penghitungan laba kotor dan bersih.

Pisahkan Rekening Bank Anda

Itu selalu disarankan untuk memiliki dua atau lebih rekening bank. Artinya, keuangan pribadi dan bisnis Anda harus disimpan secara terpisah untuk menghindari campur aduk. Selain itu, memudahkan menjalankan bisnis Anda karena keuangannya berbeda dari keuangan pribadi sehingga lebih mudah dikelola.

Lakukan beberapa pekerjaan rumah sebelum membuka rekening bank bisnis. Lihat berbagai opsi yang tersedia di pasar dan bandingkan berbagai fiturnya. Misalnya, perlu untuk melihat struktur biaya, biaya menjalankan akun, dan manfaat dari opsi tertentu.

Melakukannya dengan baik membantu Anda menghindari biaya operasional akun yang tinggi dan juga menjaga uang Anda tetap aman. Jika tidak, penelitian yang buruk bisa menjadi mahal.

Praktik Inventaris

Proses akuntansinya luas, dan manajemen inventaris merupakan bagian penting darinya. Sebagian besar bisnis mengembangkan praktik inventaris mereka saat memulai tetapi gagal untuk meninjaunya dari waktu ke waktu. Artinya, praktik saat ini menjadi batal demi hukum begitu bisnis tumbuh, sehingga sulit untuk dipertahankan.

Praktik inventaris Anda harus menunjukkan jumlah inventaris yang dapat Anda miliki dalam satu waktu. Ini juga harus menjadi sistem manajemen inventaris ideal Anda dan tingkat perputaran target. Akan lebih baik jika Anda selalu melacak inventaris untuk memastikan Anda tidak menyimpan lebih dari yang seharusnya atau kehabisan.

Memperbarui inventaris Anda secara terus-menerus akan membantu Anda menjalankan bisnis secara efisien. Bisnis e-niaga Anda memerlukan kebijakan dan praktik baru saat Anda menskalakan.

Kesimpulan

Akuntansi sebagai operasi back-office sering kali diabaikan. Namun, seperti yang disebutkan dalam artikel ini, ini adalah bagian penting dari bisnis e-commerce yang menguntungkan. Kiat akuntansi sederhana ini akan membantu Anda mengembangkan dasar yang baik untuk bisnis e-niaga Anda.

Mengikuti setiap langkah dengan cermat akan membantu Anda menemukan kesuksesan jangka panjang dengan usaha e-niaga Anda.