Candi Cetho, Pesona Candi Peninggalan Majapahit di Garut

Candi Cetho, yang terletak di Garut, Jawa Barat, merupakan salah satu peninggalan sejarah yang menarik dari era Majapahit. Candi ini menawarkan sebuah perjalanan menarik ke masa lalu, dimana kerajaan Majapahit pernah berjaya di Nusantara. Dengan arsitektur yang unik dan penuh misteri, Candi Cetho menjadi destinasi yang wajib dikunjungi bagi pecinta sejarah dan arsitektur kuno.

Sejarah dan Latar Belakang Candi Cetho

Candi Cetho diperkirakan dibangun pada masa akhir Kerajaan Majapahit di abad ke-15. Walaupun tidak banyak catatan sejarah yang menjelaskan tentang asal-usul candi ini, banyak ahli sejarah yang percaya bahwa Candi Cetho dibangun sebagai tempat ibadah Hindu. Candi ini merupakan salah satu dari beberapa candi yang masih tersisa dari era Majapahit, yang memberikan gambaran tentang kejayaan dan kemajuan arsitektur pada masa itu.

Arsitektur Candi Cetho

Candi Cetho memiliki arsitektur yang unik dan berbeda dari candi-candi pada umumnya di Jawa. Struktur candi terdiri dari beberapa teras yang menanjak, dengan relief dan ornamen yang kaya akan simbolisme Hindu. Setiap teras memiliki makna spiritual tersendiri dan dihiasi dengan patung serta relief yang indah. Struktur candi yang terletak di lereng gunung menambah keindahan alam sekitar candi.

Kegiatan Wisata di Candi Cetho

Pengunjung Candi Cetho dapat menikmati kegiatan seperti eksplorasi arsitektur candi, fotografi, dan menikmati pemandangan alam sekitar. Lingkungan candi yang tenang dan damai menjadikannya tempat yang sempurna untuk refleksi dan meditasi. Selain itu, lokasi candi yang berada di lereng gunung juga menawarkan udara yang sejuk dan pemandangan yang menakjubkan.

Upacara dan Ritual di Candi Cetho

Candi Cetho sering digunakan sebagai tempat upacara keagamaan dan ritual Hindu, terutama pada hari-hari tertentu dalam kalender Hindu. Pengunjung seringkali bisa menyaksikan upacara keagamaan yang dilakukan oleh komunitas Hindu setempat, yang menambah pengalaman budaya saat berkunjung ke candi ini.

Fasilitas dan Akses ke Candi Cetho

Candi Cetho dilengkapi dengan fasilitas seperti area parkir, toilet, dan warung-warung kecil yang menjual makanan dan minuman. Untuk mencapai Candi Cetho, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum dari pusat kota Garut. Perjalanan ke candi menawarkan pemandangan alam yang indah dan menenangkan.

Tips Berkunjung ke Candi Cetho

  • Kenakan Pakaian yang Nyaman: Mengingat lokasinya di lereng gunung, disarankan untuk mengenakan pakaian yang nyaman dan sepatu yang baik untuk berjalan.
  • Jaga Kelestarian Situs: Selalu ingat untuk menjaga kelestarian situs dengan tidak merusak struktur atau mengganggu upacara keagamaan yang sedang berlangsung.
  • Persiapkan Kamera: Candi Cetho menawarkan banyak spot foto yang indah, jadi pastikan untuk membawa kamera.

Kesimpulan

Candi Cetho di Garut merupakan destinasi yang menawarkan keindahan arsitektur kuno dan kedamaian spiritual. Sebagai salah satu peninggalan Majapahit, candi ini tidak hanya menjadi saksi bisu sejarah, tetapi juga tempat yang menarik untuk mempelajari tentang budaya dan kepercayaan masa lalu. Bagi para pecinta sejarah, arsitektur, dan kebudayaan, Candi Mendut Magelang adalah tempat yang wajib dikunjungi saat berada di Jawa Barat.

Back to top