10 Makanan Tradisional Palembang yang Wajib Dicoba

Palembang, ibu kota Provinsi Sumatera Selatan, adalah kota yang kaya akan warisan budaya dan kuliner yang menakjubkan. Dengan beragam bahan lokal yang melimpah dan pengaruh budaya yang kaya, makanan tradisional Palembang menawarkan cita rasa yang unik dan tak terlupakan.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa Makanan Tradisional Palembang yang wajib dicoba oleh setiap pecinta kuliner.

1. Pempek

Pempek adalah makanan ikonik yang berasal dari Palembang dan telah mendunia. Terbuat dari campuran ikan tenggiri yang digiling halus, tepung sagu, dan bumbu rempah, pempek kemudian digoreng dan disajikan dengan kuah cuka yang khas.

Ada berbagai jenis pempek, mulai dari pempek kapal selam yang berisi telur dan daging, hingga pempek lenjer yang berbentuk silinder panjang. Rasakan kenikmatan gurih dan lembutnya pempek saat Anda menjelajahi kuliner Palembang.

2. Tekwan

Tekwan adalah sup ikan khas Palembang yang terbuat dari campuran ikan tenggiri yang digiling halus, tepung sagu, dan bumbu-bumbu rempah yang khas. Sup ini kemudian disajikan dengan tambahan bihun, irisan daging ikan, jamur, dan telur rebus. Tekwan sering disajikan sebagai hidangan pembuka atau makanan ringan di Palembang.

3. Pindang Patin

Pindang Patin adalah hidangan ikan patin yang dimasak dalam kuah khas Palembang yang pedas dan gurih.

Ikan patin, yang memiliki daging yang lembut dan manis, dimasak bersama dengan bumbu-bumbu rempah seperti lengkuas, jahe, dan daun jeruk, yang memberikan cita rasa yang khas dan menggugah selera. Pindang Patin biasanya disajikan dengan nasi hangat dan sambal untuk menambah cita rasa.

4. Mie Celor

Mie Celor adalah hidangan mie khas Palembang yang disajikan dalam kuah kental yang terbuat dari santan, bumbu rempah, dan air rebusan udang segar.

Mie Celor biasanya disajikan dengan tambahan telur rebus, potongan daging udang, tauge, dan irisan daun bawang. Kuah kental dan gurih dari Mie Celor akan memanjakan lidah Anda dan membuat Anda ingin kembali mencicipinya lagi.

5. Pempek Keriting

Pempek Keriting adalah varian pempek yang memiliki bentuk keriting atau bergelombang. Pempek ini memiliki tekstur yang lebih kenyal dan sedikit berbeda dari pempek tradisional lainnya.

Pempek Keriting sering disajikan dengan kuah cuka yang khas dan sambal yang pedas untuk menambah cita rasa. Rasakan sensasi gurih dan kenyalnya pempek keriting saat Anda mencicipi hidangan ini.

6. Model Palembang

Model Palembang adalah hidangan nasi goreng khas Palembang yang menggunakan nasi dingin yang digoreng bersama dengan daging sapi, udang, telur, sayuran, dan bumbu-bumbu rempah yang khas.

Hidangan ini memiliki cita rasa yang kaya dan kompleks, dengan sentuhan pedas dan gurih yang membuatnya sangat lezat. Model Palembang sering disajikan dengan irisan mentimun dan kerupuk sebagai pelengkap.

7. Laksan

Laksan adalah hidangan khas Palembang yang terbuat dari campuran ikan tenggiri yang digiling halus, santan, dan bumbu-bumbu rempah yang diaduk dan dibentuk menjadi bulatan kecil, kemudian dimasak dalam kuah kental yang kaya akan rempah.

Hidangan ini memiliki tekstur yang lembut dan kenyal, dengan cita rasa yang gurih dan pedas. Laksan biasanya disajikan dengan lontong atau ketupat dan ditaburi bawang goreng sebagai tambahan aroma dan rasa.

8. Sate Palembang

Sate Palembang adalah hidangan sate yang terbuat dari daging sapi yang dipotong tipis dan ditusuk dengan bambu, kemudian dipanggang atau dibakar.

Daging sapi yang telah dipotong tipis kemudian dilumuri dengan bumbu khas Palembang yang terdiri dari campuran bawang putih, jahe, ketumbar, kunyit, dan bumbu-bumbu rempah lainnya, yang memberikan cita rasa yang khas dan menggugah selera.

Sate Palembang sering disajikan dengan kuah kacang kental dan bawang goreng sebagai pelengkap.

9. Mie Tek-Tek

Mie Tek-Tek adalah hidangan mie khas Palembang yang unik karena cara penyajiannya yang menggunakan panggangan atau “tek-tek” sebagai alat untuk mengaduk mie dan bumbu-bumbu rempah.

Mie ini kemudian disajikan dengan tambahan daging ayam, udang, tauge, dan telur rebus, serta kuah kaldu yang kaya dan gurih. Mie Tek-Tek memiliki cita rasa yang khas dan tekstur yang kenyal, membuatnya menjadi salah satu hidangan favorit di Palembang.

10. Pindang Serani

Pindang Serani adalah hidangan pindang khas Palembang yang terbuat dari ikan patin yang dimasak dalam kuah khas Palembang yang kaya akan rempah-rempah dan santan.

Hidangan ini memiliki cita rasa yang gurih, pedas, dan harum, dengan daging ikan yang lembut dan mudah melekat pada tulang. Pindang Serani biasanya disajikan dengan nasi hangat dan sambal sebagai pelengkap.

Kesimpulan

Makanan tradisional Palembang menawarkan berbagai hidangan yang lezat dan unik, mencerminkan kekayaan budaya dan alam provinsi ini.

Dari pempek yang gurih hingga tekwan yang segar, setiap hidangan menghadirkan cita rasa yang khas dan pengalaman kuliner yang tak terlupakan. Jelajahi kelezatan Makanan Tradisional Medan dan nikmati sensasi menggoda dari setiap gigitannya!

Back to top